Apakah Jika Pohon terakhir akan ditebang, dan mata air terakhir berhenti mengalir, baru saat itulah manusia sadar bahawa uang tidak dapat dimakan dan diminum.

DLHK Aceh Raih Juara Pada Pameran ICCFE 2017 di Jakarta

Kategori : Umum
Senin, 11 September 2017 - Oleh dlhk

 

Jakarta – Pameran perubahan iklim terbesar di Indonesia, Indonesia Climate Change Forum & Expo (ICCFE) 2017, yang
digelar untuk ketujuh kalinya di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 7 – 10 September 2017 telah  berakhir dan ditutup dengan resmi pada Minggu (10/9/2017).

 

ICCFE 2017 merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) Republik Indonesia dan acara ini juga didukung oleh The Climate Reality Project Indonesia.

Selain bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai perubahan iklim, ICCFE 2017 juga merupakan suatu bentuk langkah awal dari persiapan menghadapi Conference of Parties (COP) 23 yang akan diselenggarakan di Bonn, Jerman pada tanggal 6 – 17 November 2017 mendatang.

Sebanyak 197 negara anggota United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), termasuk Indonesia, telah berkomitmen dan telah berupaya untuk mencegah kenaikan suhu global tidak melebihi 2 derajat Celcius pada tahun 2100. Indonesia sendiri memiliki target untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen hingga 41 persen pada tahun 2030.

Indonesia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kemampuan sendiri (unconditional) dan sampai dengan 41 persen dengan dukungan internasional (conditional) pada tahun 2030. Target conditional tersebut akan dicapai melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan, energi, pertanian, industri, dan limbah.

Target tersebut tentunya dapat tercapai apabila semua pihak turut mendukung, dan dengan diselenggarakannya ICCFE 2017 merupakan salah satu bentuk dari dukungan tersebut. Selain itu, ICCFE 2017 juga berperan sebagai medium komunikasi implementasi Nationally Determinded Contribution (NDC) Indonesia dalam Kesepakatan Paris pada tahun 2015.

Pada acara penutupan juga diumumkan para pemenang Stand Terbaik selama berlangsungnya event Indonesia Climate Change Forum & Expo (ICCFE)2017 di Plenary Hall JCC, Jakarta. Untuk ICCFE tahun ini Stand DLHK Aceh meraih Juara II untuk kategori Kementerian dan Pemerintah Daerah. Untuk Juara I diraih oleh Kementerian PUPR dan Juara III dimenangkan oleh BLH Daerah Istimewa Yogjakarta.

Pemerintah Aceh sudah 7 (tujuh) kali ikut serta dalam ICCFE dan meraih stand terbaik untuk katagori Pemerintah Daerah. Dalam pemilihan stand terbaik dewan juri melakukan penilaian dengan berbagai kriteria, diantaranya : kesesuaian desain stand dengan tema, interaksi (isi materi dan cara penyampaian), kebersihan dan keindahan serta jumlah pengunjung.

Dengan terselenggaranya ICCFE ke-7 Tahun 2017 diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi dalam upaya mitigasi & adaptasi perubahan iklim dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan peningkatan kapasitas terhadap isu perubahan iklim.

 

Sumber : Datin DLHK Aceh & berbagai sumber lain