Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

KPH III Aceh Temukan 2 Truk Bermuatan 10 Ton Kayu Damar dan Krueng, Namun Cuma 1 yang Bisa Diamankan

Kategori : KPH UPTD WIL III
Jumat, 02 Maret 2018 - Oleh dlhk

Truk bermuatan 10 ton lebih kayu damar dan krueng diamankan di Kantor KPH Wilayah III Aceh di Langsa, Jumat (2/3/2018).

 

LANGSA - Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah III Aceh yang bermarkas di Kota Langsa, Kamis (1/3/2018) malam, mengamankan truk tronton bermuatan kayu jenis krueng dan damar.

Kayu ‎kelas dan dilindungi tersebut diperkirakan10 ton lebih, ditemukan kawasan Peunaron, Aceh Timur. Namun pemilik dan sopir meninggalkan truk di lokasi.

Kepala KPH Wilayah III Aceh, Darmi SHut MT kepada Serambinews.com, Jumat (2/3/2018) mengatakan, truk tronton nopol BK 9908 CB ini diamankan di dalam kompleks PKS Agra Bumi Niaga, wilayah Kecamatan Peunaron pukul 22.00 WIB.

Kedatangan tim KPH Wilayah III Aceh berjumlah 15 orang dibantu 10 personel Brimob Sub Den II Polda Aceh yang bermarkas di Aramiah, Aceh Timur, diduga sudah terendus oleh pelaku illegal logging itu.

im KPH Wilayah III Aceh yang turun ke lokasi, waktu itu mendapati 2 truk tronton.‎ Karena kondisi keamanan tidak memungkinkan, tim KPH Wilayah III Aceh bersama aparat Brimob hanya bisa mengamankan 1 truk tronton.

Dalam truk itu diperkirakan bermuatan 10 ton kayu jenis krueng dan damar yang telah berbentuk balok tim. Sedangkan 1 truk lagi juga penuh muatan kayu jenis yang sama tapi masih berbentuk kayu bulat, terpaksa ditinggalkan di lokasi.

Sebab selain karena kunci truk dibawa oleh sopirnya, puluhan massa yang diduga dimobilisasi oleh pelaku (pemilik-red) kayu, mulai ramai datang ke lokasi.(*)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2018/03/02/kph-iii-aceh-temukan-2-truk-bermuatan-10-ton-kayu-damar-dan-krueng-tapi-cuma-1-yang-bisa-diamankan